Minggu, 01 Juni 2014

babies and books

                                   

"story teller"

hallo! nama saya Aliefah Permata Fikri, biasa dipanggil Ifa. est1995, mahasiswi jurusan ilmu komunikasi. kalo ditanya tentang mimpi, cita-cita. harapan dan doa, jawabannya banyak banget. hahaha. one of my bestfriend said me that i have so many unique dreams. i do believe that someday, my dreams will come true. 

"Have faith in your dreams and someday
Your rainbow will come smiling thru

No matter how your heart is grieving

If you keep on believing

the dream that you wish will come true"  

Ost. Cinderella. A Dream is a Wish Your Heart Makes. 

yak, di postingan ini aku bakalan bahas salah satu dari sekian (banyak) cita-cita aku. Story Teller. PENDONGENG. menurut aku, ini adalah cita-cita wanita yang paling mulia setelah "menjadi ibu rumah tangga yang sholehah". hahaha! you really need this bgt dear para calon ibu-ibu di masa depan. :)

kamu suka membaca? kamu sering membaca?
kalo aku, yaaak aku suka banget membaca. bangeeeet-bangeet. tapim dosis membaca aku belum mencapai batasan 'sering', malahan dosis membaca aku berkurang banget akhir-alhhir ini. kalo dulu pas jaman-jaman duduk di bangku sekolah, aku bisa melahap novel dengan cepat kilat dalam hitungan jam. sekarang? mungkin bisa, namun sudah tidak terbiasa. hikkss.. *sedih banget ceritanya*

perasaan 'kurang membaca' ini sering kali menghantuiku, menyakitiku, menusukku bahkan suatu saat nanti bisa membunuhku mungkin. :'') kebayang nggak sih kalo aku mati terbunuh oleh perasaanku sendiri? oke, abaikan. padahal, membaca itu suatu hal yang penting banget lho, wajib malah. kalo menurutku, wajib gemar membaca itu melebihi wajib belajar sembilan tahun lho! setuju nggak? kalo setuju Alhamdulillah, kalo enggak ya udah. kenapa gemar membaca itu wajib banget? gini, ketika seorang anak gemar sekolah, dia akan mencintai sekolahnya, dimana banyak elemen terkandung di dalamnya, contohnya kantin, teman sepermainan, ekskul dan lain-lain. jadi, dia gemar sekolah bukan hanya karena dia mencari ilmu, namun banyak elemen yang membuat dia bahagia ketika dia di sekolah. bener sih, mereka yang berpendidikan tinggi akan berilmu tinggi, tapi saya yakin, mereka yang hari-harinya dipenuhi dengan 'membaca', apapun itu yang dia baca, politik, dongeng, novel, majalah, koran blablabla, asalkan itu bukan bacaan yang negatif, mereka pasti memiliki pengetahuan yang luas. bahkan, ketika dia berbincang dengan seseorang yang mungkin lebih tinggi pendidikannya, bisa jadi pengetahuannya lebih luas dari orang yang lebih tinggi pendidikannya itu. jadi gini kalo kata bule-bule,

“When I read a book, I put in all the imagination I can, so that it is almost like writing the book as well as reading it - or rather, it is like living it. It makes reading so much more exciting, but I don't suppose many people try to do it.” ―  Dodie SmithI Capture the Castle 

“Before this generation lose the wisdom, one advice - read books.” ― Amit Kalantri

ketika seseorang membaca buku, maka ia akan berimajinasi. dia akan masuk ke dalam alur cerita, kedalam suasana yang dibuat oleh penulis buku itu. benar-benar menabjukkan bukan? ketika kita membaca buku, maka sesungguhnya kita sedang dihipnotis oleh setiap kata, kalimat dan paragraf di dalam buku itu. 


lalu? apa hubungannya antara membaca dan menjadi seorang story teller? pendongeng?
jika kita membiasakan diri membaca sejak kecil, maka kita akan terbiasa membaca dan terus membaca sampai kita dewasa bahkan sampai kita tua nanti. dan kita, sebagai calon ibu dari anak-anak yang gemar membaca (Aamiin) harus menanamkan rasa gemar membaca kepada anak kita sejak kecil, sejak balita, bahkan sejak lahir. 

ketika kita kamu sedang dalam masa kehamilan (dimana masa tersebut menghabiskan waktu selama 7-10 bulan) sebenarnya itu adalah ''waktu emas''mu untuk mempersiapkan dirimu menyambut anakmu. di waktu itu, kamu bisa merancang sedemikian rupa apa saja yang akan kamu lakukan ketika anakmu lahir, ketia dia berumur 1, 2, 3, 4, 5 tahun dan seterusnya.

siapkanlah kamar yang bisa membuat anakmu nyaman di kamar itu lengkapilah dengan perabotan bayi yang unik agar bisa meningkatkan mood kamu dan anak kamu, jangan lupa sisipkan mainan yang bermanfaat, alat musik serta buku-buku dongeng. minum dan makanlah apa saja yang bisa mendukung sehatnya kandungan kamu, carilah tips-tips kesehatan, ikutilah senam hamil, dengarkan musik-musik klasik, luangkanlah waktu untuk menghirup udara segar di pagi hari, manjakanlah dirimu dan kandunganmu, bacalah buku-buku dongeng untuk didongengkan kepada anakmu kelak. agar ketika kamu mendongengkan cerita tersebut ke anak kamu, kamu sudah menguasai cerita tersebut. dan.......... jangan lupa berdoa. :)


anyways, tulisan ini dibuat untuk wanita-wanita muda yang peduli dengan masa depannya, untuk pria-pria muda yang kelak akan peduli dengan istri dan anak-anaknya serta untuk saya agar selalu ingat sampai nanti waktu yang sesungguhnya. ditulis di Purwokerto dengan sepenuh hati. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar